Instagram Posts

Saturday, June 2, 2018

[REVIEW] Breakeven by S. Andi

[BOOK INFO]
Judul: Breakeven
 Pengarang: S. Andi
Penerbit: Loka Media
Genre: Romance
Halaman: 290
Ratings: 🌟🌟🌟 (3.5 / 5.0)
[BLURB]
Apa ini hal biasa, ketika statusmu sebagai seorang istri dianggap tidak lebih dari orang asing di hadapan keluarga dan teman-teman suamimu? Apa ini hal biasa, ketika seorang teman perempuannya masih menempelinya,  bahkan saat Nara sudah berkeluarga denganku?

Boleh aku bertanya, hubungan macam apa ini? Saat aku harus menjaga akses dari dunia luar, menjaga perasaan serta nama baiknya, sementara dia bebas dengan dunianya tanpa memikirkan bagaimana perasaanku. Apa ini yang  dinamakan pernikahan? Kalau saja aku tahu begini wujud rumah tangga yang sesungguhnya, lebih baik aku melajang. Membiarkan diriku mengabadi sebagai seorang wanita karier. Tidak peduli dengan cap perawan tua, daripada harus hidup dengan keluarga dan hanya dipandang sebelah mata. Bahkan duniaku yang dulu jauh lebih membuatku nyaman, tidak seperti sekarang dan entah bagaimana bisa aku memercayai seorang Naraspada Narendra untuk menjadi pendamping hidupku.

-Padnya Ichlal, 27 tahun-


[REVIEW]
Ichlal adalah wanita karier. Sepanjang hidupnya dia habiskan untuk mengejar jabatan yang baik di kantor. Sampai dia menikah dengan Nara. Saat itu, dia berpikir bahwa dia bukanlah sosok istri yang baik seperti yang beredar di masyarakat. Tidak bisa mengurus rumah dan tidak bisa masak. Hanya bisa mencari uang lewat pekerjaannya.

Menikah dengan Nara membuat perubahan besar dalam hidupnya. Dia melepas karier yang selama ini dia jadikan pusat hidup dan menjadi ibu rumah tangga. Sanggupkah Ichlal menjalaninya?


Belum apa-apa, aku dikejutkan dengan berita nggak enak dari Ichlal. Demi apa dia minta cerai dari Nara! Padahal usia pernikahannya baru seumur jagung. Jagung aja mungkin belum panen.

Ini gara-gara si Nara dan Mentari sih. Mereka itu udah sahabatan dari orok. Ditambah lagi keluarganya Nara juga nyantai. Naranya sendiri entah nggak peka atau bodoh, aku nggak tahu deh. Pokoknya dia sok-sok polos gitu. Terus marah-marah waktu Ichlal jalan sama cowok lain. Dipinjemin kaca, mau, Nara?

Meskipun Mentari itu sahabatan dengan Nara dari bayi, bukan berarti dia tetap jadi prioritas ketika Nara sudah menikah. Sumpah aku gemas sama Nara!!!


[CLOSING]
👒 Buku ini menggunakan POV 1 dari Ichlal. Tapi eits, ada juga beberapa part dari Nara. Jujur aja, menurutku POV-nya bocor. Nara terdengar 'sangat Ichlal'. Mungkin kalau dari POV 3 bisa terlebih tereksplor.

👒 Gedeg banget sama Mentari. Dari awal sampai akhir cerita kayaknya dia nggak pernah berhenti buat masalah. Cuma diomongin doang bikin tuh bocah nggak berhenti. Harusnya dipasung aja, atau kawinin sama Davis.

👒 Ah, menyinggung Davis, entah kenapa aku nggak klik sama karakter ini. Dia mendamping Ichlal, menjadi sahabat Ichlal di waktu-waktu sulit tapi aku merasa dia jauh dari jangkauan. Cem kunti di atas pohon mangga depan rumah. Aku tahu dia ada, berinteraksi, lalu udah, gitu aja. Nanggung 😁

👒 Untuk konflik, okelah. Cuma masalah si Mentari aja yang aku rasa belum selesai. Dia cem komet yang bakalan muncul lagi, meski nggak sekarang.

👒 Satu lagi, aku suka bagaimana karakter Nara berkembang dan terbuka selapis demi selapis seiring berjalannya cerita. Serius deh, kalau ceritanya ditulis menggunakan POV 3, pasti banyak yang kelepek-kelepek sama Nara. Hahahaha!

Terakhir, yang PALING PENTING nih, jangan lupa beli bukunya di @chocobooks_storeya! Mumpung belum kehabisan 💋
Terima kasih untuk @loka_media dan kak @safitriandi yang telah mengizinkan aku mengulas buku ini. Semoga ulasanku berkenan. Sukses terus ya, Kakak-kakak! Jangan kapok direview sama aku 😁

No comments:

Post a Comment