Instagram Posts

Friday, September 15, 2017

[REVIEW] Cerita Cinta Enrico by Ayu Utami

[BOOK INFO]
Judul: Cerita Cinta Enrico
Pengarang: Ayu Utami
Genre: Umum 

Periode baca: 1 - 2 Juli 2017
Ratings: 🌟🌟🌟
[REVIEW]
"Seorang anak harus mendapatkan restu kedua orangtuanya agar hidupnya lapang dan bahagia." (hal 122)
Setuju ya semua sama pernyataan di atas? Ya dong!
Tapi di cerita ini malah si anak akhirnya memutuskan untuk tidak mengikuti kemauan orangtuanya lagi, meskipun mendapatkan restu kedua orangtuanya untuk mendukung keputusannya. Kekecewaan yang dipendamnya kepada sosok sang Ibu semakin menjadi kian harinya.


Buku ini sastra banget. I mean, I've read Ayu Utami's before, but it certaintly not for light reading, at least for me. Jujur saja, banyak metafora, majas-majas yang digunakan dan membuat otak malas saya dipaksa bekerja. Namun, ketika ceritanya dilafalkan terdengar begitu melodik. Selain itu, banyak bahasa Indonesia yang jarang sekali digunakan oleh penulis-penulis yang biasa saya baca (iya, selera buku saya emang cupu).


Ditulis dengan jujur (karena ini diambil dari kisah nyata), dan mencerminkan kehidupan. Ada lucunya, konyolnya, songongnya, berontak dan kecewa, yang membentuk seorang lelaki.


Saya nggak bisa kasih bintang banyak-banyak karena ada beberapa kata dan kalimat yang saya asal tebak maksudnya. Cukup frustrasi karena saya pengen menyelesaikan buku ini, tapi juga nggak segitu kecewanya dengan keseluruhan ceritanya. Udah gitu aja.


[QUOTES]
Hidup adalah permainan. Tetapi hidupmu juga tak boleh dikuasai permainan. (hal 140)
Biarlah aku kalah di mata orang banyak. Aku memilih menang di mataku sendiri. Itulah ujian terberatku: memilih kalah di mana dunia tapi setia pada prinsip yang tak kelihatan orang. (hal 144)
Tapi orang yang sungguh setia kawan adalah dia yang mau berkorban untuk sesuatu yang tanpa harapan sekalipun. (hal 145)

No comments:

Post a Comment